Repair4printer.org

Tempat Perbaikan Printer Anda

Tips Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Kita mungkin seringkali menemukan kendala atau kesal ketika sedang menggunakan printer, tiba-tiba macet, tidak berfungsi, dan lain-lain. Jika bisa mencetak, kertas hasil print-out nya mungkin kurang memuaskan.

Namun, jangan buru-buru untuk menyalahkan prnternya. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh pemakaian kualitas tinta yang sembarangan.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips untuk merawat printer kalian agar bisa tetap awet.

Tips Merawat Printer Agar Tetap Optimal

Printer sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern. Keberadaan perangkat ini sangat membantu mereka yang harus mencetak foto atau dokumen terkait pekerjaannya.

Terutama bagi para pengusaha percetakan yang pasti sangat membutuhkan printer dalam menyelesaikan orderan.

Namun, tidak semua orang tahu dan bisa merawat printer dengan baik. Kebanyakan hanya tahu memakai, tapi tidak paham bagaimana merawatnya.

1.Jaga Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer merupakan hal pertama yang harus kalian lakukan agar printer bisa tahan lama.

Saat selesau menggunakan printer dan tidak ada rencana memakainya lagi dalam waktu dekat, tutuplah dengan kain lembut atau penutup khusus printer terutama di bagian meletakkan kertas yang rentan dimasuki debu dan kotoran.

Kotoran yang masuk ke dalam bagian ini dan sudah menumpuk bisa mengganjal kertas. Paling tidak, kotoran tersebut terbawa masuk dan menempel pada printer head. Kondisi ini akan menganggu kualitas cetakan dan membuat printer head cepat rusak,

Karena itu, pastikan untuk membersihkan printer secara berkala, setidaknya seminggu sekali. Bisa lebih sedikit jika kalian memang jarang menggunakan printer dan printer selalu tertutup.

2.Clean Head

Clean head bertujuan agar printer head tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik. Kemudia menyalurkannya ke atas kertas dengan maksimal.

System perawatan ini umumnya dimiliki oleh setiap printer. Kalian hanya perlu membaca ulang buku manual yang disertakan saat membeli printer.

Karena, beda merek printer biasanya beda juga cara melakukan clean head. Namun, jangan terlalu sering melakukan clean jead. Cukup 1-2 minggu sekali saja.

3.Gunakan Secara Rutin

Printer yang digunakan secara rutin justru akan lebih awet dibanding printer yang jarang digunakan. Karena, printer yang sering digunakan secara rutin akan mempunyai kondisi mesin yang lebih optimal.

Tentu saha selama pemakaian printer tidak berlebihan. Sementar printer yang jarang dipakai cenderung lebih cepat rusak dan tinta akan lebih cepat kering.

Kondisi ini menjadi tidak ideal bagi printer head, akibat kekurangan tinta cair untuk disalurkan ke atas kertas.

Selain itu, sebuah printer yang lama tidak digunakan bisa berakibat fatal bagi kondisi printer head. Karat dan tinta yang mongering akan sulit dibersihkan jika sudah menempel pada printer head dalam waktu lama.

Akibatnya, tinta pun tidak bisa kelua dengan maksimal akibat lubang printer head sudaj tertutup karat atau tinta yang mongering.

Jadi, lebih baik kalian selalu menggunakan printer secara rutin. Kalau tidak setiap hari, minimal seminggu sekali printer harus dioperasikan.

4.Matikan Jika Tidak Digunakan

Sama seperti mesin, printer juga butuh waktu untuk istirahat. Karena itu, saat kalian belum ada rencana untuk menggunakannya, senaiknya dimatikan saja.

Karena itu, printer bisa sedikit istirahat dari tugasnya mencetak dokumen yang kalian perlukan. Dengan adanya masa recovery, justru mampu membuat printer lebih awet.

Perhatikan juga cara mematikan printer. Jangan langsung cabut kabel operator yang menempel ke saluran listrik. Matikan dengan cara menekan tombol on / off sampai semua lampu printer mati.

Itulah 4 cara merawat printer agar lebih awet digunakan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>