Tips Merawat Printer Inkjet Dirumahmu

Printer merupakan salah satu alat yang paling dibutuhkan sekarang ini. Printer seringkali digunakan oleh anak sekolah, mahasiswa, maupun karyawan kantoran.

Tapi, tahukan kalian kalau harga print di rental computer jauh lebih mahal harganya dibanding print dengan printer sendiri?

Alasannya adalah karena biaya perawatan dari printer itu mahal. Mungkin kalian termasuk yang sering gonta-ganti printer karena alas nya sering rusak.

Tips Merawat Printer Inkjet

Printer inkjet merupakan salah satu jenis printer yang menggunakan tabung isi tinta di luar printer sehingga kalian tidak perlu repot harus membongkar printer untuk mengisi ulang tinta.

Printer ini paling banyak digunakan oleh masyarakat atau usaha kecil seperti warnet. Hal ini karena harga dari printer inkjet relative murah.

Selain berbagi merek yang disediakan, kalian juga harus mengetahui beberapa tipe yang disediakan di pasaran, yaitu printer inkjet, printer laser jet, dan printer dot matrik.

Printer yang biaa menjadi satu paket dengan pembelian printer baru adalah printer inkjet. Printer seperti ini bisa kalian miliki mulai dari harga Rp 400.000 am saja.

Ada beberapa merk printer inkjet yang direkomendasikan, yaitu Canon MP 258, Epson L200, HP F2476. Namun, kalau kalian menginginkan printer yang murah, kalian bisa memilih Epson L100 dan Epson L200.

Kekurangan dari printer Inkjet dan printer lainnya adalah pada bagian kerusakan. Mengingat printer ini menggunakan salah satu alat yang penting, maka sebaiknya kalian merawatnya dengan baik.

Dibawah ini ada beberapa tips yang mengajarkan kalian agar lebih pintar dalam merawat printer inkjet tersebut.

1.Jangan biarkan printer tidak terpakai terlalu lama.

Penggunaan secara periodic, setidaknya 2 kali seminggu akan membuat tinta yang terdapat nozzle head tidak sampai kering. Kalau kering, maka akan terjadi penyumbatan pengeluaran tinta yang tentunya dapat merusak printer.

2.Gunakan clean head

Biasanya, dalam paket printer inkjet sudah mendapatkan software bernama clean head. Gunakan kemampuan clean head untuk membersihkan nozzle head. Pastikan juga kalian melakukannya secara periodic, minimal sebulan sekali atau sebulan 2 kali.

3.Bersihkan Debu

Debu dan kotoran luar juga bisa merusak printer. Jika kalian melihat benda asing seperti debu dan kotoran terjatuh dalam printer, bersihkan langsung.

Pastikan kalian tidak menggunakan lap basak atau banyak air saat membersihkannya. Air akan merusak printer dengan cepat.

4.Matikan Printer Dengan Menekan Tombol Power

Jika kalian ingin mematikn printer, pastikan untuk menggunakan tombol power, bukan dengan mencabut kabel printer.

Jika kalian ingin mematikan dengan mencabut kabel printer, maka head printer belum sempat kembali ke posisi awalnya. Akhirnya, tinta printer akan cepat mongering.

5.Pastikan Kertas Tidak Terlipat

Ketika mencetak dokumen, pastikan kertas tidak terlipat. Lebih baik lagi kalau kalian menggunakan kertas yang halus. Jika sampai tersangkut, maka roller printer bisa rusak.

6.Jangan Sentuh Bagian Eletrik Catridge Printer

Jangan menyentuh bagian Eletrik Catridge Printer dengan jari, terutama pada bagian chip dan head. Listrik statis tubuh kalian bisa merusak komponen printer.

Jika kalian harus membersihkan bagian tersebut, gunakan kertas tissue berkualitas. Tissue berkualitas jelek malah akan meninggalkan kotoran tambahan.

7.Gunakan Tinta Refill Berkualitas Baik

Gunakan tinta refill berkualitas baik dan pastikan mengisi Cartridge tidak terlalu penuh. Pengisian terlalu penuh akan mengakibatkan kebocoran catridge dan motherboard printer juga bisa rusak.

8.Jangan Membiarkan Catridge Kosong Dalam Waktu lama

Jangan biarkan catridge kosong dalam jangka waktu yang lama. Print head bisa kering apabila catrigde tidak terisi. Pastikan juga wastepad tidak meluber di dalam printer.

Itulah 8 tips untuk kalian agar bisa menjaga printer inkjet kalian agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *