Perbedaan Printer Laser Dan Printer Inkjet Untuk Pemakaian Di Rumah

Perbedaan Printer Laser Dan Printer Inkjet Untuk Pemakaian Di Rumah

Pencetakan inkjet menciptakan gambar digital dengan menjatuhkan titik-titik tinta ke kertas; printer laser menghasilkan gambar digital dengan memindai sinar laser melintasi fotoreseptor.

Jadi mana yang lebih baik? Tergantung. Kami telah mempertimbangkan beberapa perbedaan inkjet deskjet dan laserjet di bawah ini untuk membantu Anda mengetahui mana yang paling cocok untuk digunakan di rumah Anda.

Berkat ketersediaan yang mudah dan biaya awal yang rendah, sebagian besar rumah tangga saat ini menggunakan printer inkjet untuk pencetakan sehari-hari mereka.

Namun printer laser — bahkan model berwarna — kini tersedia dengan harga dan ukuran yang sesuai untuk rumah atau kantor kecil.

Untuk mengetahui apakah Anda harus beralih ke laser, Anda perlu menganalisis penggunaan printer Anda.

Perbedaan Printer Laser Dan Printer Inkjet Untuk Pemakaian Di Rumah

Printer Inkjet

KELEBIHAN:

Bagus untuk foto dan dokumen dengan gambar berat. Printer inkjet melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memadukan warna halus daripada printer laser.

Printer inkjet memiliki biaya awal yang rendah. Printer lebih murah daripada printer laser dan kartrid tinta inkjet lebih murah daripada kartrid toner.

Inkjet dapat mencetak ke berbagai jenis kertas, termasuk kertas foto glossy, alat tulis bertekstur dan bahkan beberapa kain.

Hampir tidak diperlukan waktu pemanasan sebelum mencetak.

Kartrid inkjet dapat diisi ulang dan digunakan kembali, mengurangi pemborosan dan menghemat uang.

Printer inkjet cenderung lebih kecil, lebih ringan dan lebih mudah dirawat daripada printer laser.

KEKURANGAN:

Tinta inkjet lebih mahal daripada sampanye.

Tinta inkjet berbasis air, sehingga cetakan rentan terhadap kerusakan air dan memudar.

Kartrid tinta perlu sering dibersihkan. Meskipun printer melakukan perawatan ini secara otomatis, ini menghabiskan banyak tinta.

Printer inkjet semakin cepat, tetapi masih sangat lambat dibandingkan dengan pencetakan laser. Volume tinggi merupakan tantangan dengan inkjet.

Beberapa printer inkjet akan menghasilkan teks abu-abu dan tidak jelas jika dicetak pada kertas kantor biasa.

Printer inkjet untuk penggunaan di rumah memiliki baki kertas berkapasitas rendah sekitar 50-100 lembar. Baki keluaran hampir tidak ada. Ini mungkin menjadi masalah jika Anda mencetak banyak.

Printer Laser

KELEBIHAN:

Printer laser dapat mencetak lebih cepat daripada printer inkjet. Tidak masalah jika Anda mencetak beberapa halaman sekaligus, tetapi pengguna volume tinggi akan melihat perbedaan besar.

Printer laser menghasilkan teks hitam tajam yang sempurna. Jika pekerjaan cetak Anda sebagian besar berupa teks dengan grafik sesekali, laser adalah cara yang tepat.

Printer laser juga menangani font kecil dan garis halus jauh lebih baik daripada inkjet.

Printer laser lebih siap untuk menangani pekerjaan cetak volume tinggi.

Perbandingan harga demi harga lebih menyukai printer laser daripada printer inkjet untuk dokumen yang tidak rumit secara grafis.

Meskipun lebih mahal, kartrid toner laser mencetak lebih banyak lembar dibandingkan dengan biayanya daripada kartrid inkjet dan tidak terlalu boros.

KEKURANGAN:

Meskipun printer laser bekerja lebih cepat, mereka membutuhkan waktu untuk pemanasan.

Meskipun toner lebih murah dalam jangka panjang, biaya dimuka untuk pencetakan laser lebih mahal.

Kebocoran toner adalah mimpi buruk.

Printer laser tidak dapat menangani berbagai kertas atau bahan cetak seperti inkjet. Apa pun yang peka terhadap panas tidak dapat melewatinya.

Printer laser rumahan dapat menangani grafik sederhana, tetapi foto yang halus merupakan tantangan. Jika Anda ingin mencetak foto,  gunakan inkjet.

Ada beberapa printer laser kompak di pasaran, tetapi secara umum, printer laser lebih besar dan lebih berat daripada rekan-rekan inkjet mereka.