Cara Menginstall Printer ke Komputer Atau Laptop

Pencetak atau printer dengan cepat telah menjadi peralatan yang harus dimiliki di rumah dan kantor. Pemasangannya telah dibuat lebih mudah selama bertahun-tahun.

Walaupun kebanyakan pencetak akan terpasang secara otomatis, menambahkan pencetak ke sebuah jaringan atau berbagai pencetak dengan pengguna lain bisa sedikit sulit.

Setelah mempelahari cara melakukannya, kalian bisa mengaktifkan pencetak tersebut agar bisa digunakan untuk mencetak dari mana saja di seluruh dunia.

Cara menginstall printer baru ke PC memang sangat penting kalian lakukan. Biasanya, memang proses mencetak ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat rutin kalian lakukan.

Tak ada salahnya untuk melakukan prosesnya sendiri. Dengan printer nantinya kalian tak akan mengalami kerepotan lagi harus bolak balik ke warnet atau harus melakukan rental hanya untuk melakukan proses cetak semua jenis dokumen hingga menjadi proses cetak.

Cara ini juga lebih efisien karena biaya cetak jika melalui rental atau warnet biasanya akan jauh lebih mahal.

Namun, jika kalian memang merasa masih agak bingung karena masih kurang paham dengan prosedur dalam pemasangan printer, kalian tak perlu khawatir karena ada beberapa langkah mudah untuk kalian lakukan.

Di bawah ini kami akan memberikan tips mudah untuk menginstall printer ke PC kalian.

Cara Menginstall Printer ke PC

Bekerja dengan komputer atau laptop pasti ada kalanya kamu membutuhkan printer untuk mencetak berbagai hal. Walaupun kelihatannya mudah, namun ternyata masih ada lho pengguna yang kesulitan saat menghubungkan laptop atau PC dengan printer.

Cara paling umum untuk menghubungkan printer ke PC adalah dengan menghubungkan USB yang dimiliki printer langsung ke PC.

Biasanya, Windows secara otomatis akan mendetect adanya hardware baru dan mulai installasi sesaat setelah USB dicolokkan.

Jika tidak, kalian yang menggunakan laptop dengan OS Widows 7 bisa mengikuti cara berikut:

  • Hubungkan printer ke PC sesuai dengan yang tertulis pada instruksi dari pabrik
  • Klik ‘Start’> Control Panel> Hardware and Sound >Printers
  • Klik ‘Add a printer’
  • Pada halaman ‘Choose a printer port’, pilih ‘Use an existing port’ dan pilihlah port printer sesuai dengan yang kamu pasang ke PC kemudian klik ‘Next’.
  • Pada halaman ‘Install the printer driver’ pilihlah model printer yang kamu gunakan kemudian klik ‘Next’
  • Selesaikan langkah selanjutnya dan klik ‘Finish’

Jika printer yang digunakan merupaka jenis yang terhubung lewat Wi Fi, maka gunakan program Add a Device untuk menginstall printer ke PC, dengan cara:

  • Klik ‘Start’> Control Panel> Hardware and Sound > Add a device
  • Pastikan Wi-Fi dan printer yang akan terhubung sudah menyala, nanti icon printer yang kamu pakai akan muncul dan kamu tinggal mengikuti instruksi yang ada.

Kenyamanan printer nirkabel telah membuatnya semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Printer nirkabel terhubung ke komputer kalian tanpa kabel sehingga memudahkan kalian untuk mencetak dokumen dari laptop, tablet, atau bahkan smartphone.

Pemasangan printer nirkabel mungkin sedikit lebih sulit daripada printer dengan kabel USB, jadi sebaiknya kalian berhati-hati membaca petunjuk pemasangannya.

Jika printer kalian masih mengalami masalah, cobalah gunakan beberapa solusi di atas untuk menemukan solusi yang tepat bagi printer kalian.

Ternyata tidak terlalu sulit kan? Apalagi jika printer mu sudah disertai dengan CD Install-an dari tempat kamu membeli, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang ada pada CD Installan tersebut.

Exit mobile version