Tips Membeli Printer Baru Agar Tidak Zonk

Tips Membeli Printer Baru Agar Tidak Zonk

Berencana membeli printer baru? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menghabiskan uang.

Apakah Anda mencari pencetak baru? Dengan begitu banyak model yang berbeda di luar sana, sulit untuk mengetahui mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Untuk memastikan Anda tidak menyesali pembelian Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum berbelanja.

1. Tetap Sesuai Anggaran

Biaya printer sangat bervariasi. Jelas, Anda tidak boleh menghabiskan lebih dari yang Anda mampu untuk membeli perangkat baru Anda.

Biasanya printer termurah memiliki tinta yang paling mahal; begitulah cara produsen menghasilkan uang. Jadi, sebelum Anda pergi ke Best Buy terdekat, lakukan riset online. Pastikan harga kartrid pengganti sesuai dengan model lain dengan harga yang sama.

Anda juga perlu memeriksa apakah Anda dapat mengambil kartrid tinta pihak ketiga untuk printer Anda dan apakah Anda dapat mengisi ulang kartrid tinta. Ketahuilah bahwa menggunakan kartrid tinta yang tidak disetujui dapat membatalkan garansi Anda.

2. Jenis Tinta

Ada tiga konfigurasi kartrid tinta yang umum.

  • Dua kartrid tinta: Kartrid hitam dan kartrid warna all-in-one.
  • Empat kartrid tinta: Satu kartrid hitam, dan tiga kartrid terpisah untuk cyan, magenta, dan kuning. Ini adalah model warna CMYK.
  • Tempat Tinta: Alih-alih menggunakan kartrid, printer mengambil tinta dari sumur besar yang dapat diisi ulang.

3. Kualitas Cetak

Meskipun printer laser menawarkan kualitas terbaik, harganya juga mahal untuk dibeli dan biaya operasionalnya lebih tinggi.

Jika Anda pengguna rumahan, inkjet sudah cukup. Tetapi kualitas hasil cetak sangat bervariasi di antara printer inkjet.

Beberapa hal mempengaruhi kualitas cetak, antara lain desain kepala cetak, driver printer, dan kualitas tinta. Namun, spesifikasi utama yang harus diperhatikan adalah DPI (titik per inci) printer. Ini menunjukkan seberapa akurat printer dapat mereplikasi piksel gambar sumber.

4. Kecepatan Cetak

Kita semua duduk dengan tidak sabar sementara printer membuat dokumen dengan kecepatan siput. Ini membuat frustrasi.

Jika Anda melakukan banyak pencetakan, terutama pencetakan dokumen dengan puluhan halaman, kecepatan cetak akan menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian Anda.

Kecepatan printer diukur dalam halaman per menit (PPM). Sebuah printer akan memiliki kecepatan PPM yang berbeda untuk halaman teks dan halaman gambar.

Namun, ketika Anda melihat sebuah kotak di toko, Anda akan sering hanya melihat satu peringkat PPM. Ini mengacu pada berapa banyak halaman teks hitam yang dapat dihasilkan printer dalam satu menit.

5. Konektivitas Nirkabel

Hal utama lainnya yang harus Anda perhatikan saat membeli printer baru adalah konektivitasnya. Untuk menetapkan koneksi mana yang Anda butuhkan, tanyakan pada diri sendiri dua pertanyaan:

  • Dari mana Anda akan mencetak?
  • Dari perangkat mana Anda akan mencetak
  • Semua printer di pasar menawarkan konektivitas kabel. Mereka dapat terhubung ke komputer Anda melalui port USB.

Namun, beberapa model juga menawarkan konektivitas Wi-Fi dan konektivitas Bluetooth. S

emakin, Anda juga akan menemukan mesin yang mendukung Google Cloud Print dan Apple AirPrint.

Bluetooth sangat bagus untuk mencetak dari perangkat seluler lokal, sementara Wi-Fi dan dukungan cloud memungkinkan Anda mencetak dokumen dari jarak jauh saat Anda jauh dari rumah.